Senin, 15 Juni 2009

Selamat untuk Wajah Baru Wakil Rakyat

HARI ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi akan menetapkan 50 calon anggota legislatif (Caleg) DPRD terpilih. Pada saat hampir bersamaan, KPU Situbondo juga akan menetapkan nama-nama 45 anggota DPRD Situbondo periode 2009-2014.

Memang, penetapan wajah baru wakil rakyat yang terhormat itu sempat mengalami penundaan. Sedianya, KPU berencana menetapkan caleg kemarin (15/5). Namun, rencana itu dibatalkan. Rapat pleno tertutup anggota KPU akan digelar Sabtu pagi ini.

Tidak jelas, apa penyebab penundaan tersebut. Kemungkinan besar, penundaan itu dilatarbelakangi kepadatan kerja anggota KPU. Ada juga kabar, kalau anggota KPU masih mengikuti acara dinas di luar kota.

Penetapan calon anggota DPRD periode 2009-2014 itu, diagendakan dalam rapat pleno KPU secara tertutup. Momen ini, bisa jadi merupakan saat paling mendebarkan bagi para caleg. Langkah mereka untuk menduduki kursi empuk anggota dewan yang terhormat, tinggal selangkah lagi. Kalau pleno KPU sudah menetapkan nama mereka, berarti mereka sudah ’hampir resmi’ jadi anggota legislatif. Mereka tinggal menunggu saat pelantikan, yang ibaratnya tinggal menunggu resepsi saja.

Ya, selamat untuk yang akan segera dilantik menjadi anggota DPRD. Selamat datang di rumah rakyat. Selamat menikmati keluhan-keluhan masyarakat yang menyampaikan masalah dan bermacam aspirasinya.

Selama menjabat itu, selamat berkiprah untuk rakyat. Jagalah masa lima tahun masa pengabdian itu, untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat. Jangan sampai menimbulkan kesan yang kurang simpatik di hati rakyat. Kalau semua amanah itu dijalankan dengan baik, tidak akan ada lagi insiden ‘pelecehan’ nama wakil rakyat seperti yang terjadi di gedung DPRD Situbondo.

Lihat saja papan nama anggota DPRD Situbondo periode 1999-2004, diacak-acak tangan jahil. Sebagian besar nama para wakil rakyat itu, kini sudah tak bisa dikenali. Hurufnya diacak sehingga menjadi kata-kata bernada sindiran. Misalnya kata Syaromben yang berarti ngawur; Hj. Dra. Erotis, RSJ Ditanggung, Patah Hati. Bahkan, ada sejumlah nama yang membentuk kata Mayit, Susuku Enak, Drs. Bludrek, dan Dibelai.

Semoga kejadian itu tak akan pernah terulang di Situbondo dan Banyuwangi. Semoga, wakil kita di DPRD bisa selalu menjaga amanah yang mulia selama lima tahun mendatang. Sekali lagi selamat, dan berusahalah untuk meninggalkan kesan baik di hati rakyat. Jangan sampai meninggalkan kesan yang kurang bagus. Jagalah martabat sebagai anggota dewan yang terhormat. (*)

Tidak ada komentar: