Selasa, 15 Februari 2011

Kebersamaan, Musuh Utama Balap Liar

ACUNGAN jempol layak diberikan kepada aparat kepolisian dalam upaya mencegah terjadinya aksi balap liar di Bumi Blambangan. Hampir setiap malam -terutama pada malam Minggu-, polisi rutin melakukan patroli dan melakukan razia. Salah satu sasarannya adalah para pelaku aksi balap liar.

Patroli itu digelar pada jam-jam ‘rawan’ yakni pada malam hari. Pada saat itulah, biasanya remaja dan pemuda yang terlibat balapan liar mulai beraksi. Namun perkembangan terbaru, mereka ternyata tetap menggeber adu balap motor di jalan raya ketika polisi selesai melakukan patroli. Seperti yang terjadi di Jalan A Yani Banyuwangi sekitar pukul 04.00 dini hari kemarin (23/1). Beberapa kelompok anak muda menggelar balap motor di ruas jalan tersebut menjelang Subuh.

Rupanya, maraknya razia polisi itu tidak menciutkan nyali penggemar penunggang kuda besi ini. Nyatanya, penggila adu adrenalin di jalan raya ini tidak pernah kapok dan mencari celah lengahnya petugas.

Mereka tetap menggelar balapan di jalanan umum dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi. Mereka ngebut di atas motor tanpa mengenakan alat pengaman seperti helm. Aksi yang dipertontonkan mereka. tentu saja tak hanya membahayakan keselamatan diri sendiri.

Ngebut di jalanan bisa menimbulkan akibat fatal tidak hanya bagi pelakunya tetapi juga orang lain yang ada di sekelilingnya. Terlebih, motor balap liar biasanya tidak memakai lampu. Balapan itu juga sarat dengan aroma perjudian. Nominal yang dipertaruhkan pun lumayan besar untuk ukuran remaja.

Tentu saja, balap liar lebih banyak mengandung unsur negatif dalam perkembangan dan masa depan remaja kita. Untuk itu, kerja keras polisi saja tak cukup dalam mengeliminasi atraksi balap di jalanan tersebut. Butuh peran serta seluruh elemen masyarakat dalam mengatasi persoalan ini. Seperti yang sudah pernah dilakukan di kawasan Jalan Gajah Mada di Kecamatan Giri. Seluruh komponen warga ikut berpartisipasi melawan balap liar. Mereka menutup gang masing-masing, sehingga polisi leluasa mengamankan pelaku balap liar saat razia berlangsung. Semoga ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua dalam menyadarkan para remaja penggila balap liar tersebut. (*)

Tidak ada komentar: