Rabu, 11 Agustus 2010

Ikhtiar Mengembalikan Uang Rakyat

PROSES hukum kasus korupsi dana kas daerah (Kasdagate) Situbondo memang sudah berlangsung. Mereka yang terlibat sudah dinyatakan bersalah dan sedang menjalani hukuman.

Akan tetapi, ada satu hal yang masih jadi ganjalan di benak masyarakat Kota Santri. Bagaimana dengan nasib dana kasda senilai Rp 43 miliar yang raib?

Dana sebesar itu memang tidaklah sedikit. Jika dana itu bisa kembali dan dimanfaatkan untuk pembangunan, tentu akan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat banyak.

Karena itu, sudah selayaknya semua pihak mendukung upaya kalangan DPRD membentuk Panitia Khusus (pansus) pengembalian dana kasdagate tersebut. Tidak hanya eksekutif yang memberikan sambutan positif terhadap pembentukan Pansus tersebut.

Langkah pembentukan pansus itu dinilai sangat membantu eksekutif dalam menarik kembali dana kasda yang raib setelah terbelit kasus korupsi di masa pemerintahan Bupati Ismunarso tersebut.

Selama ini, Pemkab Situbondo sebenarnya tidak tinggal diam. Pemkab sudah melakukan usaha dengan maksimal demi kembalinya dana Rp 43 miliar itu ke kasda. Sebab, dana sebesar itu sangat berarti untuk pembangunan Situbondo.

Salah satu langkah yang sudah ditempuh pemkab adalah menggugat BNI melalui jalur perdata. Proses gugatan perdata tersebut masih berlangsung di tahap kasasi. Gugatan ini merupakan langkah yang benar-benar riil dan prosedural. Karena itu, kalangan eksekutif merasa optimistis uang rakyat itu akan kembali ke kasda Pemkab Situbondo.

Sementara itu, kalangan DPRD tampaknya juga beriktikad baik untuk membantu memperlancar pengembalian uang negara yang raib karena kasus kasdagate itu. Lembaga wakil rakyat itu memutuskan membentuk Pansus pengembalian dana kasda.

Meski metode dan langkah yang dilakukan berbeda, akan tetapi upaya yang dilakukan oleh kalangan eksekutif maupun upaya DPRD melalui pansus, semua layak kita apresiasi. Jangan jadikan perbedaan metode itu justru menimbulkan perpecahan. Yang penting tujuan dan niatnya sama baiknya, yakni ingin agar uang rakyat bisa kembali. Jika perlu, semua komponen masyarakat Situbondo juga kompak ikut membantu sesuai peran dan porsi masing-masing. Dengan upaya yang dilakukan bersama, semoga uang negara bisa segera kembali ke kasda. (*)

Tidak ada komentar: