Selasa, 01 Juni 2010

Tak Lulus Unas Bukan Segala

MELIHAT data kelulusan ujian nasional (Unas) SMP dan MTs, memang bisa membuat kita merinding. Di Banyuwangi saja, sebanyak 1.302 siswa dinyatakan tak lulus Unas. Sedangkan di Situbondo, jumlah siswa yang tidak lulus Unas mencapai angka ratusan.

Meski begitu, persentase siswa yang tidak lulus tersebut sebenarnya tidak terlalu besar. Di Banyuwangi, siswa tak lulus Unas tersebut hanya masuk pada kisaran angka 5,8 persen. Artinya, siswa yang lulus itu secara umum tidak sampai sepersepuluh jumlah siswa yang ada.

Yang paling penting, regulasi edukasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika siswa tidak lulus Unas, ternyata bukan berarti otomatis siswa yang bersangkutan itu tidak lulus sekolah. Karena kelulusan sekolah tidak hanya ditentukan oleh nilai Unas. Masih ada bermacam penilaian dan faktor yang digunakan untuk mementukan kelulusan sekolah.

Selain itu, siswa yang tidak lulus Unas masih punya kesempatan untuk mengikuti ujian ulang. Jadwal ujian ulang ini juga sudah ditetapkan. Mereka yang tidak lulus Unas tak perlu menunggu setahun lamanya untuk mengulang.

Karena jika tidak ada halangan, ujian ulang tersebut akan digelar mulai tanggal 17 hingga 20 Mei 2010 mendatang. Dengan begitu, setelah lulus ujian ulang, mereka nanti tetap punya banyak waktu dan leluasa mendaftar ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Karena itu, fenomena tidak lulus Unas sebenarnya memang bukan akhir dari segalanya. Ini hanya menunda meraih kelulusan untuk sementara, dengan syarat harus melewati ujian ulang terlebih dahulu.

Setelah mencermati fenomema tersebut, sudah sepantasnya jika kita tidak terlalu memberikan reaksi berlebihan kepada siswa yang kebetulan ’kurang beruntung’ dalam unas kali ini. Orang sekitar siswa, terutama keluarga dan kerabat terdekat siswa yang tak lulus unas itu disarankan untuk tetap memberikan dukungan moral.

Berikan dorongan semangat kepada mereka yang tidak lulus unas.

Masih ada kesempatan untuk memperbaiki Nilai Ujian Nasional (NUN) dalam ujian ulang. Jangan lupa untuk terus berusaha, belajar dan jangan lupa untuk berdoa agar sukses dalam ujian ulang. (*)

Tidak ada komentar: