Senin, 02 November 2009

Selamat Ultah, Situbondo!

UNTUK pertama kali, masyarakat Situbondo dihibur dengan kirab andong hias (15/10). Barisan dokar hias itu membawa seluruh pejabat Pemkab Situbondo. Wakil Bupati Suroso beserta istri mengendarai andong yang dihias layaknya kereta kencana. Disusul Sekkab Koespratomowarso serta pejabat yang lain.

Selain andong hias pejabat, kirab juga diisi tiga grup drum band. Kakang dan Embug Situbondo tahun 2009 juga ikut diarak. Rombongan sepeda motor dinas meramaikan barisan belakang.

Kirab itu dimulai di Gedung Serba Guna Baluran di Jalan PB. Soedirman, Situbondo, dan finish di depan Pendapa Kabupaten. Di tempat itu, rombongan disambut kalangan Muspida Situbondo. Saat bersamaan, tari-tarian panyongsong khas Situbondo ikut meramaikan suasana.

Ada juga pengguntingan pita tanda dimulainya rangkaian kegiatan Hari Jadi Situbondo yang ke-37. Peringatan perdana Hari Jadi Situbondo ini diramaikan bermacam kegiatan. Ada acara keagamaan berupa istighotsah, hingga ziarah kubur para sesepuh Situbondo di pesarean Bantungan, makam Ki Pate Alos, hingga ke makam mantan Adipati Wiraraja di Besuki.

Ada juga burung perkutut, festival anak jalanan, jalan santai, triatlon, kontes kucing, hingga kontes ternak. Rangkaian kegiatan itu juga diisi dengan pameran atau expo, ajang kreasi penyuluh pertanian, temu wicara dan sarasehan petani, ruwatan, dan aneka hiburan lain; seperti gambus, kerte, ludruk, wayang kulit, dan pameran Situbondo Fair.

Tahun-tahun sebelumnya, gebyar perayaan seperti itu tidak pernah terjadi di Kota Santri. Karena tahun-tahun sebelumnya, Hari jadi Situbondo memang belum ditetapkan. Penentuan hari bersejarah itu masih menjadi perdebatan, sejarah Kedemangan Besuki, Panarukan, atau Kabupaten Situbondo terkini. Dan setelah melalui bermacam perdebatan, akhirnya pemkab telah menetapkan hari jadinya.

Sama seperti daerah lainnya, penetapan hari jadi suatu daerah memang selayaknya disambut dengan suka cita. Jangan lagi menoleh perbedaan pendapat yang sudah terjadi. Biarlah yang lalu terus berlalu. Kita menatap lagi masa depan, untuk menjadi yang lebih baik. Dengan event peringatan hari jadi ini, sudah banyak masyarakat yang merasakan berkahnya. Dengan adanya pawai, lomba, pameran dan kegiatan lainnya, diharapkan bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil. Semoga di tahun-tahun mendatang, dampak positif Hari Jadi Situbondo bisa dirasakan seluruh komponen masyarakat. Selamat Ultah, Situbondo!(*)

Tidak ada komentar: