Rabu, 29 Juli 2009

Dasawarsa, Proses Menuju Kedewasaan

TIDAK terasa. Sudah sepuluh tahun koran Radar Banyuwangi menyapa pembaca di Banyuwangi dan Situbondo. Sejak tanggal 26 Juli 1999, edisi pertama koran ini mulai beredar setiap hari.

Ibarat perjalanan hidup manusia, usia sepuluh tahun bisa dikatakan muda. Jika disamakan dengan usia anak, mungkin akan sama seperti siswa kelas lima sekolah dasar.

Meski begitu, bukan berarti koran ini tetap menjadi anak-anak. Selalu terlena dan asyik dengan permainan. Setelah hari ini, koran ini akan terus berjalan menuju usianya yang menginjak belasan tahun. Pada perjalanan selanjutnya ini, merupakan masa-masa perkembangan menuju kedewasaan.

Memang, Radar Banyuwangi sedikit banyak telah ikut meramaikan dan berperan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat Banyuwangi dan Situbondo. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran koran ini telah ikut mempengaruhi opini publik dua kabupaten di sisi timur Pulau Jawa ini.

Itu mungkin salah satu dampak serta prestasi yang cukup membanggakan. Apalagi, jika opini publik yang tercipta itu dalam koridor pembangunan secara positif secara fisik, mental dan spiritual.

Tetapi pada sisi lain, harus kami akui secara gentle bahwa koran ini masih memiliki banyak kekurangan. Kami juga optimistis akan mampu menambal sedikit demi sedikit segala kekurangan tersebut. Itu harus dilakukan dengan kerja keras dan diiringi dengan jalinan kerja sama yang kompak untuk membangun koran ini.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah respons masyarakat Bumi Blambangan dan Kota Santri Situbondo. Seluruh kerja keras kami dalam membangun koran ini akan sia-sia, tanpa dukungan masyarakat. Bagaimana koran kami bisa tetap survive tanpa dukungan ribuan pembaca setia Radar Banyuwangi.

Para pembaca-lah yang punya peran besar dalam menyokong Radar Banyuwangi menjadi koran yang lebih dewasa. Tanpa peran pembaca, kami bukanlah apa-apa.

Tanpa pembaca, tidak akan ada pemasang iklan yang datang. Padahal dari mereka semua itulah, seluruh kegiatan operasional dalam membangun koran ini masih memungkinkan bisa terus berlangsung. Tanpa pembaca pula, tidak mungkin Radar Banyuwangi bisa membenahi diri.

Sebagus apa pun berita yang disajikan, akan percuma jika tidak dibaca. Sebagus apa pun tampilan koran ini, akan percuma tanpa pembaca. Karena itu, dalam proses menuju kedewasaan ini, sekali lagi, kami para awak redaksi ini mengucapkan banyak terima kasih pada pembaca. Thanks a lot ! (*)

Tidak ada komentar: