Senin, 15 Desember 2008

Berkah dari Dam Tapen

SITUBONDO bisa dikatakan sebagai daerah tujuan kiriman. Kali ini, warga Kota Santri dapat berkah dari Dam Tapen di Bondowoso.
Ribuan ikan di sepanjang aliran sungai Sampeyan tiba-tiba mabuk. Ikan tersebut teler bukan karena diracun atau kena pengaruh potasium. Kejadian ini, karena di hulu sungai Sampeyan, tepatnya di Dam Tapen, Bondowoso, sedang dilakukan pengurasan lumpur sungai.
Pengerukan lumpur itu biasa dilakukan setiap menjelang musim penghujan. Pengerukan lumpur itu bertujuan untuk melancarkan saluran pembuangan di sungai Sampeyan. Setelah lumpur dikuras, aliran air diharapkan normal dan semakin lancar.
Di sisi lain, pembersihan lumpur itu berdampak pada telernya ribuan ikan di sepanjang sungai Sampeyan. Kondisi ini, justri dimanfaatkan oleh ratusan warga Situbondo. Mereka ramai-ramai turun ke sungai untuk menangkap aneka ikan yang sedang sekarat. Mulai jenis ikan tawes, lele dan wader dan sebagainya. Ikan tiban itu dirasakan sedikit dapat membantu perekonomian warga. Dengan banyaknya tangkapan ikan tiban itu, asap dapur bisa kembali ngebul.
Secara psikologis, kondisi ini juga berdampak positif bagi warga Kota Santri. Mereka menjadi sedikit terhibur dan bisa sedikit melupakan masalah. Ratusan warga bersaing mendapatkan ikan. Mereka bahkan menggunakan bermacam peralatan untuk mencari ikan. Ada juga sampai mempersiapkan ban bekas, untuk peralatan mengapung di atas permukaan sungai agar lebih leluasa mencari ikan. Ini menunjukkan, bahwa tradisi pengurasan Dam Tapen itu bisa jadi momen rekreasi bagi warga Situbondo.
Kalau kita renungi lebih dalam, alam memang punya keseimbangan yang penuh misteri. Dam Tapen sesekali memang memberikan kesenangan bagi warga Situbondo. Kehidupan ribuan petani mungkin juga sangat tergantung dari aliran air Dam tersebut. Entah berapa ribu hektare lahan pertanian yang merasakan manfaat air dari saluran dan dam tersebut.
Tapi perlu juga diingat, apa yang ada di alam punya keseimbangan. Ada baik, ada juga buruk. Barangkali, saat ini sungai Sampeyan berikut Dam Tapen sedang memberikan sesuatu yang manis bagi warga Situbondo. Tapi perlu diingat, Dam Tapen yang punya peran penting bagi Sungai Sampeyan, bisa juga mengirim bencana banjir bandang yang pernah membuat Situbondo porak poranda awal tahun 2008. Apalagi, saat ini sudah masuk musim hujan. Waspadalah warga Kota Santri, jangan lengah! (*)

Tidak ada komentar: